Konfigurasi DHCP Relay pada Router Cisco


Sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu DHCP Server, Relay dan Client di postingan sebelumnya, kali ini saya akan menggunakan topologi diatas untuk konfigurasi DHCP Relay

1. Seting IP address pada R0 dan R1

kali tidak saya buat tutorial seting IP pada router, karna bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya Konfigurasi Dhcp Server

2. Seting Routing pada R0 dan R1

pada routing saya menggunakan konfigurasi rip v 2, anda bisa lihat dipostingan saya sebelumnya Konfigurasi RIP V2, tujuannya agar PC0 bisa terhubung ke R0. karna jika tidak di routing PC0 (Client) tidak bisa mendapat ip dhcp dari relay R1.

3. Seting DHCP Server pada R0

tujuannya untuk membuat pool ITClubPanca sesuai topologi agar PC0 (Client mendapatkan IP), baca konfigurasi DHCP Server

4. Seting DHCP Relay pada R1

tujuan membuat relay di R1 adalah meneruskan DHCP Server dari R0 berikut konfigurasinya

R1_ITClubPanca(config)#int fa0/1
R1_ITClubPanca(config-if)#ip help 10.10.10.1
Maksud dari "ip help 10.10.10.1" R1 memberitahukan dhcp server ada di IP 10.10.10.1 (ip address R0 yang terhubung ke R1)

5. Seting DHCP Client pada PC0

6. pengetesan
untuk pengetesan sih simple gan pertama test dhcp client, lalu pc0 ping ke R0 dan R1

tutorial juga saya buat dalam bentuk video gan :


untuk latihan saya sudah menyiapka soal soal dhcp gan, silahkan di download
Download Topologi PKT
Download Soal Dhcp Relay ke-1 PKA
Download Soal Dhcp Relay ke-2 PKA


Sekian dari saya Stephen Setiawan

0 comments