Cara Membuat Poster & Tips

 

Poster Adalah ? 


  Menurut Wikipedia Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif.

Bagaimana cara membuat poster yang menarik ?


1. Tentukan Topik dan Tujuan ?

  Ketika ingin membuat poster, tentukan apa yang ingin dibahas dalam poster Anda. Misalnya, bisnis Anda menjual produk elektronik, maka topiknya harus yang berhubungan dengan elektronik juga. Jangan sampai melenceng dari topik yang hendak dibahas. Lalu, tentukan tujuannya. Apakah tujuan poster tersebut untuk promosi, pemberi informasi, atau sosialisasi produk.

2. Komposisi Poster

  Untuk poster-poster bertujuan promosi, tentunya Anda harus mencari tahu lebih banyak mengenai kata-kata, gambar, dan layout karena iklan promosi sifatnya harus singkat, jelas, padat, dan langsung tepat sasaran. Gunakan juga gambar yang kualitasnya tinggi supaya tidak pecah saat dicetak di poster. Untuk font dan warna, jangan sampai sulit dibaca karena bertabrakan satu sama lain. Lakukan riset dan survei pada orang-orang terdekat apakah warna dan font-nya sudah enak dibaca atau belum. 

3. Pemilihan Bahan Poster

Bahan yang digunakan:
  • HVS 80gr, 100 gr
  • Art Paper 85gr, 100gr, 120 gr, 150 gr, 190gr
  • Art Carton 210 gr, 230 gr, 260gr, 310gr
  • Duplek Paper
4. Ukuran Poster

  • Poster A3 (Ukuran 30 x 42 cm), Poster yang dinilai memiliki ukuran pas untuk ditempel di Tembok, atau media yang Luas, Cocok dengan Kenyamanan Sudut Pandang Orang yang melihat Poster ini. Biasanya digunakan oleh Perusahaan Rokok yang ditempel di Jalanan, kemudian Pengelola Mall / Plaza / Pasar yang menaruh Poster ini di berbagai Titik untuk dibaca Pengunjung.
  • Poster A2 (Ukuran 42 x 60 cm), Poster yang ukuran 2 kali lipat dari Ukuran A3 ini biasanya digunakan untuk Penyampaian Informasi yang memiliki Detail yang sangat banyak, atau ingin dilihat lebih Jelas oleh orang orang disekitarnya.
  • Poster A1 (Ukuran 60 x 84 cm), Poster ini biasanya digunakan untuk Peta / Map, Buku Petunjuk yang bisa dilipat hingga kecil, dan masih banyak kegunaan lainnya yang bisa dimanfaatkan sesuai Kebutuhan.

Tips Membuat Poster Yang Menarik Dan Efektif

1. Ukuran Media

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari bahan untuk poster itu sendiri dengan ukuran yang relatif besar, hal ini dilakukan agar media tersebut dengan mudah dilihat dan mendapat perhatian lebih dari khalayak ramai, misalkan kertas berukuran A3 atau lebih besar.
2. Perhatikan Gambar

Salah satu elemen penting dari desain poster adalah sebuah gambar. Gambar berfungsi sebagai eye-catcher untuk menarik perhatian pemirsa. Gunakan gambar berfilosofi yang dapat diterjemahkan dengan mudah oleh kalangan umum dari usia A-Z sesuai target.
3. Perhatikan Font

Tidak semua orang dapat menerjemahkan gambar yang anda buat pada poster, untuk itu sebuah kalimat atau kata-kata sangatlah penting. Kalimat singkat dan padat, font yang mudah dibaca, tidak mengganggu tampilan grafis dari gambar, dan gunakan prinsip hierarchy bila diperlukan. Apa itu hierarchy? silahkan baca Tips Ampuh Membuat Desain Semakin Sempurna.
4. Memiliki Tema/Konsep

Poster merupakan salah satu media yang harus memiliki tema dan konsep yang jelas, agar pesan yang ada dapat dengan mudah tersampaikan untuk khalayak ramain. Jika kita membicarakan tema/konsep dari sebuah poster, maka ada dua pertanyaan yang harus dijawab yaitu :
1. Gambar apa yang cocok untuk tema tersebut?
2. Kalimat atau kata-kata apa yang cocok untuk tema tersebut?
Sangat tidak lucu apabila poster untuk anak anak menggunakan gambar hantu yang menakutkan, sangat tidak etis apabila poster kelas menggunakan kalimat-kalimat yang kurang mendidik. Saya rasa anda tahu maksud saya.
5. Perhatikan Warna

Warna dasar yang dapat anda gunakan untuk membuat poster adalah Hitam-Putih, namun ini kurang membantu pemirsa memahami pesan apa yang ingin anda sampaikan terkecuali jika kalimat yang anda tuliskan benar benar kuat.
Jika anda ingin pemirsa dengan mudah memahami pesan dalam poster, maka warna adalah elemen ketiga yang harus diperhatikan. Misalkan anda membuat gambar air, maka berikan warna biru. Orang akan dengan mudah mengidentifikasi bahwa itu air, dengan gambar sedikit bergelombang dan berwarna biru. Warna juga sangat berpengaruh untuk menarik perhatian pemirsa.

6. Perhatikan Prinsip Dasar Layout

Seperti artikel sebelumnya, saya telah menuliskan bahwa poster menggunakan prinsip dasar layout, seperti keseimbangan, penekanan, kesatuan dan alur baca,

7. Dipasang Ditempat Strategis

 Hal terakhir setelah desain poster anda selesai dibuat adalah memasangnya ditempat-tempat strategis. Strategis yang saya maksudkan adalah dapat dilihat oleh semua khalayak ramai, dengan kata lain ditempat-tempat umum. Namun anda juga dapat memasangnya ditempat-tempat yang sering kali dikunjungi oleh target pembaca poster saja.
Demikian tips membuat poster yang menarik dan efektif, kesimpulan dari artikel diatas adalah ketika anda berniat membuat poster maka ada baiknya memperhatikan ukuran media, gambar, kalimat (font), tema/konsep, warna, dan pemasangan poster itu sendiri ditempat-tempat strategis (umum). Semoga bermanfaat.

Jika anda ingin mencoba membuat poster silahkan di coba tutorial ini Menggunakan Aplikasi Photoshop

 
 Jika ada yang di tanyakan atau kurang pengertian nya silah kan pm ke sini

Created By : XiaoLeeAngChan

0 comments