Fitur Voip pada CISCO


Dunia IT tuh bisa dibilang luas banget gan, untuk voip sendiri ada banyak macamnya... 
karna saya masih newbie saya sendiri baru mencoba 2 protokol yang ada di Cisco Voip yaitu SCCP dan SIP:



SCCP ialah protokol milik Cisco yang digunakan Cisco Unified Communication Manager dan Cisco IP phone. End Station dari jaringan, IP Phone atau PC dengan kemampuan VoIP, menjalankan program Skinny Client. Program ini membantu untuk memimalisasi biaya dan kompleksitas dari end station. 

Program ini berkomunikasi dengan Cisco Unified Communication Manager menggunakan komunikasi connection-oriented untuk membangun panggilan dengan H.323 end station lainnya. Ketika panggilan terbangun, kedua end station menggunakan komunikasi connectionless untuk transmisi audio. 

Cost dan overhead dikurangi dengan hanya menggunakan H.323 pada 58, pembangunan panggilan di Call Manager dan menggunakan SCCP untuk komunikasi audio yang aktual antar end station dengan H.323 end station lainnya.

Fitur CME pada SCCP diantaranya :

register manual

auto assign

speed-dial

call-forward

call-transfer

call-pickup

call-hunt

shared-line

video call

sccp conference

call park

Secondary number

cme gui

Music On Hold

Intercom

Call paging



SIP (Session Initation Protocol) Merupakan signaling protocol, banyak digunakan untuk membangun dan memutus sesi komunikasi multimedia seperti panggilan voice dan video melalui internet. Protokol ini dapat digunakan untuk membuat, mengubah dan mengakhiri sesi unicast atau multicast yang terdiri dari satu atau beberapa media stream. 

Modifikasi dapat meliputi pengubahan alamat atau port, mengundang partisipan lagi, menambah atau menghapus media streams. SIP berada pada session layer di OSI Model dan di application layer pada TCP/IP Model.

Karakteristik dari SIP adalah sebagai berikut:
• Transport independent, karena SIP dapat digunakan dengan UDP, TCP, SCTP, dsb

• Text-based, memungkinkan manusia untuk membaca dan menulis pesan SIP.

Untuk Protokol SIP sendiri saya belum terlalu jauh memahaminya gan, untuk itu saya tidak posting SIPnya mungkin setelah nanti saaya mengikutin bootcamp lagi akan saya update

Sekian dari saya Stephen Setiawan

0 comments