Konfigurasi RIP v2 pada Router Cisco

Salam sobat, Saya saat ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara konfigurasi RIP yaitu dynamic protocol yang biasa kita gunakan pada LAN atau sering dipakai pada topologi yang sangat simple karena protokol RIP ini hanya bisa berjalan pada 15 Router saja selebihnya RIP akan tidak berjalan dan berkerja sangat lambat.





Pada kali ini saya, menyertakan file konfigurasi pada Packet Tracer Cisco sehingga bagi sobat bisa diunduh dan dipelajari sebih detail untuk latihan-latihan dasar Jaringan Komputer khususnya konfigurasi Router Cisco.


Jika sobat bingung, saya akan memperlihatkan konfigurasi pada router-router yang ada pada gambar di atas dengan konfigurasi yang simple dan mudah untuk dipahami, Berikut ini konfigurasinya.

Konfigurasi pada R0
R0_ITClubPanca(config)#router rip 
R0_ITClubPanca(config-router)#v 2
R0_ITClubPanca(config-router)#net 192.168.1.0
R0_ITClubPanca(config-router)#net 10.10.10.0
R0_ITClubPanca(config-router)#do wr
Building configuration...
[OK]



Konfigurasi pada R1

R1_ITClubPanca(config)#router rip 
R1_ITClubPanca(config-router)#v 2
R1_ITClubPanca(config-router)#net 10.10.10.0
R1_ITClubPanca(config-router)#net 192.168.2.0
R1_ITClubPanca(config-router)#do wr
Building configuration...
[OK]

Nah, saya juga memberikan tutorial video di Youtube, jadi sobat tinggal melihat bagaimana cara konfigurasinya dan terapkan langsung pada latihan pada file yang sudah di sertakan.
Link akan disediakan nanti gan


Untuk soal persentase nya bisa didownload disini gan

Download Topologi PKT
Download Soal RIP V2 ke-1 PKA
Download Soal RIP V2 ke-2 PKA
Download Soal RIP V2 ke-3 PKA


Demikian Cara Konfigurasi RIP pada Router Cisco semoga bermanfaat bagi sobat, jika masih bingung atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang Jaringan Komputer. nanti saya akan memberikan informasi terupdate tentang konfigurasi router khususnya Cisco. Terimakasih sobat ^_^ 


Sekian dari saya Stephen Setiawan

0 comments